KOHAR UNTUK JUPITER Z
Dalam pembuatan motor kohar ini tidak sulit untuk yang sudah biasa membuatnya, dalam pembuatan motor kohar juga sama sepertimembuatmotor load race, cumin yang membedakanya hanyalan speak kompresi motor dan ke extriman pembuatanya. Untuk menbuat speak motor kohar ini cukup menghabiskan dana yang lumayan besar, tapi hasilnya pun memang memuaskan, bisa membuat motor Jupiter mx 5 spead ke walahan. Kenapa saya bilangbegitu, karna saya sudah membuktikan sendiri.
Di artikel ini saya
akan berbagi pengalaman saya dalam membuat motor kohar,sangat mudah sekali
dalam pembuatanya:
1. piston
Piston dalam kohar juga wajib diganti karna untuk meningkatkan
tenaga menjadi maxsimal. Piston saya menggunakan KAZE setandar ukuran 53mm,
dalam pengadopsian piston KAZE ini ke Jupiter z perlu juga pemotongan pada
bagian belakang piston kisaran 5mm supaya tidak tertabrak oleh bandul stang
seher, setelah itu bagian depan piston harus di coak sedalam 3mm supaya tidak
tertabrak oleh klep saat langkah kompresi. Dengan rumus menghitung cc nya : V=
3,14×D×D×L / 4000
V= 3,14×53×53×54 / 4000
V= 120cc
Sangat mengagumkan
bukan dengan cc sebesar it.
2. papas blok silinder
Papas blok silinder ini berfungsi untuk meningkatkan kompresi,
semakin padat kompresinya semekin kencang larinya juga, papas blok silinder
kisaran 2mm untuk modif kohar.
3. papas noken
as
Papas noken berperan penting dalam modif kohar ini, yang
berfungsi untuk membuka dan menutup klep, jadi noken as di bubut sampai
bembentuk Klep in(durasi) :16+180+47 = 237 derajat Klep ex(rurasi) : 53+180+13 = 239 derajat, cukup untuk menyuplai
bahan bakar yang masuk dan keluar yang berupa gas buang.
4. Karburator Standar Reamer
Venturi
diubah menjadi 22mm dan skep suzuki tornado pun terbenam menggantikan skep
standat Jupiter z. Jadi masih terlihat standar. Tetapi putaran atasnya dapat
dengan sedikit mengorbankan putaran bawahnya. Jangan lupa mengganti bagian
dalamnya yang berupa: main jet, pilot jet. Agar mendapatkan tarikan gas putaran
rendah dan tinggi terasa mantap.
5. pasang
kopling manual
Pemasangan
kopling manual berfungsi sebagai pengenjot tenaga yang berasal dari as kruk.
Kopling tidak akan bekerja maksimal kalau tidak mengganti komponen- komponen
pendukungnya seperti kampas kopling dan per kopling, saya sarankan ini semua
harus diganti.
6. pengapian
Pengapian ini
jika anda tidak mempunyai dana untuk membeli CDI BRT tidak perlu menggantinya,
cukup anda ganti saja koilnya menggunakan yang racing seperti blue thunder.
7. knalpot
Knalpot
menggunakan yang klas yang lebih terkenal sperti SND, CLD, CREAMPI, DLL. Kenapa
saya menyarankan menggunakan knalpot merk terkenal karna knalpot sudah teruji
untuk stelan balap jadi cocok banget untuk stelan KOHAR.
Catatan:
-
Kalau masalah bodi motor terserah anda gmana maunya anda, berkreasi sdikit
untuk bodi motor anda supaya menarik untuk di lihat orang.
-
speak stelan motor kohar diatas sudah sering saya buktikan hasilnya sangat
memuaskan jika anda berminat silahkan di coba.
“SELAMAT MENCOBA”
“SALAM ANAK BALAP”
oke brooo. . . . ..
ReplyDeleteMakasih racikanya mas
ReplyDelete