lauk

Monday 29 December 2014

korek harian untuk motor jupiter z



KOHAR UNTUK JUPITER Z







Dalam pembuatan motor kohar ini tidak sulit untuk yang sudah biasa membuatnya, dalam pembuatan motor kohar juga sama sepertimembuatmotor load race, cumin yang membedakanya hanyalan speak kompresi motor dan ke extriman pembuatanya. Untuk menbuat speak motor kohar ini cukup menghabiskan dana yang lumayan besar, tapi hasilnya pun memang memuaskan, bisa membuat motor Jupiter mx 5 spead ke walahan. Kenapa saya bilangbegitu, karna saya sudah membuktikan sendiri.
Di artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam membuat motor kohar,sangat mudah sekali dalam pembuatanya:
1. piston
       Piston dalam kohar juga wajib diganti karna untuk meningkatkan tenaga menjadi maxsimal. Piston saya menggunakan KAZE setandar ukuran 53mm, dalam pengadopsian piston KAZE ini ke Jupiter z perlu juga pemotongan pada bagian belakang piston kisaran 5mm supaya tidak tertabrak oleh bandul stang seher, setelah itu bagian depan piston harus di coak sedalam 3mm supaya tidak tertabrak oleh klep saat langkah kompresi. Dengan rumus menghitung cc nya : V= 3,14×D×D×L / 4000
                                 V= 3,14×53×53×54 / 4000
                                 V= 120cc
Sangat mengagumkan bukan dengan cc sebesar it.
2. papas blok silinder
       Papas blok silinder ini berfungsi untuk meningkatkan kompresi, semakin padat kompresinya semekin kencang larinya juga, papas blok silinder kisaran 2mm untuk modif kohar.
3. papas noken  as
       Papas noken berperan penting dalam modif kohar ini, yang berfungsi untuk membuka dan menutup klep, jadi noken as di bubut sampai bembentuk Klep in(durasi) :16+180+47 = 237 derajat Klep ex(rurasi) : 53+180+13 = 239 derajat, cukup untuk menyuplai bahan bakar yang masuk dan keluar yang berupa gas buang.
4.  Karburator Standar Reamer
     Venturi diubah menjadi 22mm dan skep suzuki tornado pun terbenam menggantikan skep standat   Jupiter z. Jadi masih terlihat standar. Tetapi putaran atasnya dapat dengan sedikit mengorbankan putaran bawahnya. Jangan lupa mengganti bagian dalamnya yang berupa: main jet, pilot jet. Agar mendapatkan tarikan gas putaran rendah dan tinggi terasa mantap.
5. pasang kopling manual
    Pemasangan kopling manual berfungsi sebagai pengenjot tenaga yang berasal dari as kruk. Kopling tidak akan bekerja maksimal kalau tidak mengganti komponen- komponen pendukungnya seperti kampas kopling dan per kopling, saya sarankan ini semua harus diganti.
6. pengapian
    Pengapian ini jika anda tidak mempunyai dana untuk membeli CDI BRT tidak perlu menggantinya, cukup anda ganti saja koilnya menggunakan yang racing seperti blue thunder.
7. knalpot
            Knalpot menggunakan yang klas yang lebih terkenal sperti SND, CLD, CREAMPI, DLL. Kenapa saya menyarankan menggunakan knalpot merk terkenal karna knalpot sudah teruji untuk stelan balap jadi cocok banget untuk stelan KOHAR.

Catatan:
- Kalau masalah bodi motor terserah anda gmana maunya anda, berkreasi sdikit untuk bodi motor anda supaya menarik untuk di lihat orang.
- speak stelan motor kohar diatas sudah sering saya buktikan hasilnya sangat memuaskan jika anda berminat silahkan di coba.

“SELAMAT MENCOBA”
“SALAM ANAK BALAP”

2 comments: