lauk

Thursday 6 November 2014


CARA MEMBUAT MOTOR LOAD RACE


              banyak di saat ini para mekanik bekerja keras untuk setingan motor mereka, banyak setingan di kalangan mekanik yang berbagai macam seperti: papas noken, ganti karburator, dan masih banyak lagi.
di dalam pembuatan motor load race di perlukan pengalaman yang handal, karna di dalam pembuatanya tidak main-main, bukan cuman asal asal jadi saja.

  dalam pembuatan motor load race saya punya speak sendiri yaitu;

1. NOKEN  AS
durasi kem di bikin kembar,265 derajat. dengan derajat yang kecil bisa kita geber pol-polan dengan 16 lep. noken as berperan penting dalam kekencangan motor, salah saja sedikit dalam pembuatan kem bisa berakibat fatal, jadi dalam pembuatan harus dengan perhitungan yang matang supaya tidak terjadi kesalahan.

2. KATUP (VALVE)                     
 katup kita pakai honda sonic, dengan ukurang klep isap 26mm dan buangnya 23mm, durasi buka tutup klep ikut di mainkan, di atur ulang menjadi 265 derajat, baik untuk klep isap maupun buang. timing klep isap di set di buka 25 derajat sebelum TMA dan menutup 60 derajat setelah TMB, sedangkan klep buangnya membuka 60 derajat sebelum TMB, dan menutup 25 derajat setelah TMA, LSA terhitung 108 derajat dengan lift klep 9,4 mm.

3. KARBURATOR                                         
penggantian karburator sudah jelas harus diganti karna semakin besar kompresi semakin besar juga karburatornya, karburator di ganti menggunakan mikuni TM24 sudco, memilih jenis karburator ini di karnakan sangat mudah dalam penyetinganya selain itu jugak main jet dan pilot jet nya sangat besar, klau masalah harga memang sangat mahal kisaran 2-3 jutaan tapi karburator ini sangat cocok untuk balap.

4.PISTON.                                               
piston kita menggunakan piston mentah berukuran 53 mm, knapa memilih piston  mentah karna piston ini bisa di buat sendiri tingkat ke jenonganya, cara pembuatannya dengan cara di bubut untuk bikin jenongnya sesuai dengan kita butuh kan biyasanya saya selalu membubut piston di bagian depanya melebihi 7 mm dari blok silinder dengan kejenonganya yang saya buat bisa menghasilkan konpresi 14,5 : 1, dengan hasil kompresi segitu besarnya pastinya motor akan lebih bertenaga.

5. KUBAH KEPALA SILINDER                                               
dalam pemadetan kompresi kita butuh untuk merubah kubah kepala silinder dengan cara memperkecil kubah silinder, pengubahan ini untuk mendapatkan kompresi yang maksimal, dengan cara menutup kubah klep yang tidak berguna, jngan lupa untu memperbesar lubang in-ex, supaya pemesukan dan pengeluaran seimbang dengan kompresinya

6. PORTING BLOK SILINDER
blok silinder harus di papas untuk memadatkan kompresi dengan cama memorting sebanyak 2-3 mm.

7. STANG SEHER           
stang seher harus di ganti yang lebih panjang, penggantian stang seher ini juga berpengaruh dalam kompresi di karnakan semakin panjang setang seher semakin padet kompresi nya, jadi klau kita menggunakan motor jupiter z 2007 kita bisa ganti setang seher milik new jupiter z 2010, di karnakan nnew jupiter z lebih panjang stang shernya kisaran beda 5 langkah dari jupiter z 2010.

8. PEMASANGAN KOPLING DAN PEMASANGAN BALANSER       

 A. kopling
                 kopling berperan sebagai sentakan awal-akhir, kopling bisa di gunakan merek racing atau jga dengan pengeboran. kampas kopling di ganti menggunakan kampas kopling FR di karnakan kampas kopling ini sangat banyak garis-garis susunan kampas nya, lalu per kopling menggunakan yg lebih keras seperti merek CLD,TDR,DAITONA,SND, penggantian per kopling yang lebih keras supaya motor menjadi galak.
 
  B. Balanser
                 balanser adalah pengganti dari kopling ganda, mengapa harus diganti di karnakan kopling ganda itu berat jadi sangat berpengaruh kecepatan mesin. balanser kita buat seringan mungkin kisaran 300-500 gram., wooww sangat ringan sekali, balanser bisa kita buat sendiri dengan tukang bubut atau beli di toko-toko spead shop, tapi ingat setelah kita ganti kopling ganda menggunakan balanser kita juga harus membubut magnet yang ada di sebelah kiri, jika balanser beratnya 500 gram maka magnetpun harus sama 500 gram supaya tidak baling pada saat as kruk berputar. ingat kick starter harus di lepas supaya tida menggangu putaran mesin.

9. PENURUNAN PADA POMPA OLI                                           
   pompa oli kita turunkan kisaran 2 mm supaya pada saat mengisi oli sebesar 400 ml pompa oli bisa berpungsi dengan baik, pengisian oli 400 ml supaya ringan putaran mesinya.

10. TRANSMISI (GEAR BOX)                                 
  modal rasio sangat penting dalam motor load race, saya mematok rasio dengan perbandingan rotari gigi 1-nya di set 17/33. sedangkan gig 2-nya 14/35, gigi 3 standar dan gigi 4 di patok 20/22. di kombinasi final gear 14/44 mata. dengan ramuan tersebut motor lebih cepat keluar masuk tikungan.

11. PENGAPIAN
untuk sektor pengapian, CDI di pasangkan produk buatan rextor tipe pro drak. magnetnya masih menggunakan setandar yang kena bubut 500 gram . koil menggunakana yamaha yz 125. 




ITULAH SEPEK BALAP YANG SERING SAYA GUNAKAN UNTUK LOAD RACE
TERIMAKASIH

No comments:

Post a Comment